Friday, February 12, 2016

MANFAAT LIDAH BUAYA UNTUK KESEHATAN




MANFAAT TANAMAN LIDAH BUAYA UNTUK KESEHATAN


                Lidah Buaya (Aloe vera)  jenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini berisikan gel yang benig Gel diperoleh dari sel-sel yang berada di bagian tengah kulit lidah buaya, sementara lateks diperoleh dari sel-sel yang tepat berada di bawah lapisan kulit lidah buaya.  Lidah buaya juga sering digunakan sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Kandungan di dalam tanaman Lidah buaya

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, semua jenis vitamin selain vitamin D, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Khasiat Lidah Buaya Jika Diteliti Secara Ilmiah
  1.  Gatal dan ruam pada mulut dan kulit. Menurut penelitian, berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung lidah buaya selama tiga kali sehari selama 3 bulan, bisa membantu mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Hal yang sama berlaku jika mengaplikasikan gel mengandung lidah buaya sebanyak dua kali sehari selama 2 bulan pada kulit.
  2.  Konstipasi. Lateks lidah buaya mengandung bahan kimia yang efektif sebagai obat pencahar. Namun penggunaannya juga bisa menyebabkan efek samping diare.
  3.  Cold sore atau luka pada bibir akibat virus herpes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan krim dengan ekstrak lidah buaya 0,5 persen selama tiga kali sehari, bisa mempercepat proses penyembuhan luka akibat virus herpes simpleks.
  4.  Psoriasis. Penggunaan krim dengan kandungan lidah buaya sekitar 0,5 persen selama 1-2 bulan bisa meredakan psoriasis. Tapi hasil tersebut tidak terlihat  jika hanya memakai gel lidah buaya.

Orang-orang yang dilarang konsumsi lidah buaya
  1. .       Anak- anak dibawa 12 tahun karna dapat mengalami diare, sakit perut
  2. .       Ibu hamil dan menuyusuhi
  3. .       Penderita wasir (ambien)
  4. .       Penyakit ginjal





No comments:

Post a Comment