Thursday, February 11, 2016

BERAPA YA UMUR KEHAMILAN SAYA ?




BERAPA YA UMUR KEHAMILAN SAYA ?



         Banyak perempuan yang positif hamil dari pemeriksaan  belum sempat untuk memeriksa kehamilanya ke dokter atau bidan. sering bertanya-tanya dalam pikiranya berapa ya sekarang umur kehamilan saya karna bunda belum mengetahui cara menghitung umur kehamilan, sebenarnya menghitung kehamilan dapat dilakukan oleh bunda sendiri, dari artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menghitung umur kehamilan dengan mudah dengan berbagai cara.


1.    Cara menghitung umur kehamilan dengan rumus naegele
     Sebelum menghitung kehamilan bunda harus mengumpulkan data Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) 1. Menghitung usia kehamilan secara manual dengan rumus Naegele.

Contoh 1
Jika sekarang tanggal  11 Februari 2016. HPHT  11 Desember 2015
Rumus :
Hari perkiraan persalinan (HPL) = HPHT + 7 (11+7=18), BULAN – 3 (12-3=9), tahun + 1.
Jadi perkiraan persalinan = 18 September  2016.

§  Usia Kehamilan
Hitung dari  HPHT ke tanggal sekarang berapa minggu usia kehamilan anda,  yaitu dari tanggal 11 Desember 2015 sampai tanggal 11 Febuari 2015, berati usia kehamilan anda sekitar 8-9 minggu.

Contoh 2
Digunakan jika bulan HPHT tidak bisa dikurang 3 (Januari, Februari,  Maret). Jika sekarang tanggal 11 Februari 2016. HPHT 11 Januari 2016
Rumus:
Hari perkiraan persalinan (HPL) = HPHT +7 (11+7 =18) , BULAN tambah 9         (1+9=10), TAHUN TIDAK DITAMBAH
Jadi HPL = 18 Oktober 2016.

§  Usia kehamilan
Hitung usia kehamilan anda sendiri dari tanggal HPHT sampai tanggal sekarang. Berarti dari tanggal 11 Januari 2016 sampai tanggal 11 febuari 2016 berarti umur kehamilan sekitar 4 minggu sampai 5 minggu. Selanjutnya tinggal menambahkan minggu saja.

2. Menghitung  usia  kehamilan dengan kalkulator kehamilan
Menghitung usia kehamilan dengan kalkulator kehamilan sangat mudah. Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa di download untuk menghitung usia kehamilan.



3. Menghitung usia kehamilan dengan roda kehamilan 
Untuk mendapatkan roda kehamilan anda bisa meminta atau membeli di apotek terdekat. Sama seperti langkah sebelumnya anda hanya perlu menentukan tanggal HPHT  dan usia kehamilan serta tafsiran persalinan akan segera diketahui.


4. Menghitung usia kehamilan dengan pemeriksaan tinggi  fundus uteri (tinggi rahim)
Nah, jika anda lupa kapan HPHT anda,  maka seorang tenaga medis akan memperkirakan usia kehamilan anda dengan mengukur seberapa besar tinggi rahim anda. Biasanya seorang tenaga medis bisa memperkirakan usia kehamilan dengan mengukur tingggi rahim. Pengukuran bisa dimulai dari umur kehamilan 12 minggu. Asal tidak ada kelainan pertumbuhan pada janin dan tidak terjadi bayi kembar yang membuat ukuran rahim menjadi lebih besar dibanding keadaan hamil normal.


5. Menghitung usia kehamilan dalam centimeter
Cara lain yang juga digunakan oleh tenaga medis adalah dengan menggunakan pita ukur. Garis nol pita pengukur diletakkan pada tepi atas simfisis, kemudian ditarik sampai ke fundus. Ukuran kemudian dibaca dengan skala cm (centimeter). Ukuran diperkirakan sama dengan minggu kehamilan. Pengukuran ini biasanya dilakukan setelah umur kehamila 22-24 minggu kehamilan.


6. Menghitung usia persalinan berdasarkan gerakan janin
Biasanya gerakan janin bisa dirasakan pada usia kehamilan 19 sampai 20 minggu bagi wanita yang baru pertama kali hamil. 16 sampai 18 minggu pada kehamilan kedua atau muliti.

7. Menghitung usia kehamilan berdasarkan USG
Apabila anda masih belum yakin dengan usia kehamilan anda. Maka anda bisa melakukan USG kedokter kandungan, maka akan terlihat dengan jelas berapa usia kehamilan anda saat ini.



Demikian pembahasan tentang cara menghitung usia kehamilan yang dapat kami informasikan. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, bila bunda menginginkan akurasi yang tinggi kami sarankan untuk mengunakan teknik USG. Semoga bermanfaat bagi kita semua terutama untuk ayah dan bunda.








Ditulis oleh : Bd. Nurul, SKM.

No comments:

Post a Comment