Thursday, February 18, 2016

Ambien atau wasir menyiksaku

AMBIEN ATAU WASIR (HEMOROID)


Ambien atau wasir di dalam bahasa medisnya di sebut hemoroid bila orang mengalami penyakit ini sangat menganggu dalam aktifitas sebab penyakit ini muncul di daerah anus/dubur, penyakit ini banyak menyerang Mereka yang menghabiskan waktu seharian dengan duduk lama dan sedikit makan sayur-sayuran serta sedikit minum air puti. Hemoroid adalah pembengkakan yang tidak wajar/ distensi vena di daerah rectal yang tidak signifikan (D. D. Ignatavicius, 1998). Hemoroid di bagi dua yaitu hemoroid internal dan homorid external
Hemoroid internal dikelompokkan dalam 4 derajad :
  1.  Derajad I : Hemoroid menyebabkan perdarahan merah segar tanpa rasa nyeri sewaktu defekasi. Tidak terdapat prolaps dan pada pemeriksaan terlihat menonjol dalam lumen.
  2.  Derajad II : Hemoroid menonjol melalui kanal analis pada saat mengejan ringan tetapi dapat masuk kembali secara spontan.
  3.  Derajad III : Hemoroid akan menonjol saat mengejan dan harus didorong kembali sesudah defekasi.
  4. Derajad IV : Hemoroid menonjol keluar saat menegejan dan tidak dapat didorong masuk kembali.

Hemoroid  Eksternal
Adalah hemoroid yang menonjol keluar saat mengejan dan tidak dapat didorong masuk.
Hemoroid eksternal dikelompokkan dalam 2 kategori yaitu :
1.   Akut :  Bentuk hemoroid akut berupa pembengkakan bulat kebiruan pada pinggir anus dan sebenarnya merupakan hematoma. Walaupun disebut sebagai hemoroid trombosis eksterna akut. Bentuk ini sering sangat nyeri dan gatal karena ujung- ujung saraf pada kulit merupakan reseptor nyeri.
2.    Kronik : Sedangkan hemoroid eksterna kronik satu atau lebih lipatan kulit anus yang terdiri dari jaringan penyambung dan sedikit pembuluh darah.

Hemoroid disebabkan oleh beberapa hal :
  • Kongesti vena pleksus hemoroid
  • Keturunan/genetik
  • Tekanan abdomen yg berlebih (Konstipasi, sering mengedan, kehamilan)
  • Duduk yg terlalu lama
  •  Tumor rektal
  • Obesites
  • Hubungan seksualitas lewat anus
  • Berusia lebi 45 tahun
Tanda dan Gejala Pada Hemoroid :
a    Hemoroid internal
  1.   Munculnya benjolan di luar anus
  2.  Perdarahan saat buang air besar warna darah berwarna merah terang/warna darah segar. 
  3.  Rasa tak nyaman.
  4.  Gatal.

Hemoroid eksternal
  1. Rasa terbakar.
  2. Nyeri ( jika mengalami trombosis).
  3. Gatal.
Pengobatan pada Ambien atau wasir (Hemoroid)
Farmakologi
Menggunakan Ardium 500 mg dan plasebo 3×2 tablet selama 4 hari, lalu 2×2 tablet selama 3 hari. Pengobatan ini dapat memberikan perbaikan terhadap gejala inflamasi, kongesti, edema, dan prolaps.
Ada 3 pilihan operasi untuk ambeien atau wasir yang telah sering dan banyak di lakukan di indonesia dan di dunia tentunya . Tentu ada keuntungan dan kerugiannya :

1.    Mengangkat pile , ambeien atau wasir dengan membuang langsung jaringan nya ( haemorrhoidectomy ) Ini merupakan cara operasi sederhana dan sering di lakukan untuk kasus ambeien . Benjolan yang keluar di tarik keluar dan di klem dan di jahit dengan tehnik penjahitan tertentu, keunggulan tehnik ini tentulah , lebih murah dalam hal biaya dengan waktu pengerjaan yang tidak terlalu lama dan kekambuhan lebih rendah . Sebaliknya kerugian tindakan ini adalah : nyeri yang hebat dan lama akibat kulit dan otot bisa ikut terpotong , perdarahan lebih banyak , dan bisa terjadi penyempitan rongga anus.

2.    Dengan stapler haemorrhoid Merupakan cara yang lebih maju dengan bantuan alat yang dilakukan dengan menjahit benjolan di bagian dalam anus secara jelujur dan memasang alat stepler ditarik dan di jepit dalam hitungan menit maka jaringan langsung terpotong dan terjahit . waktu yang cukup lama hanya saat menjahit jelujur saja dan berdasarkan orang yang sering melakukan maka stepler itu sendiri hanya butuh waktu 20-30 menit untuk tenaga yang eksperient. Keuntunyannya painless , waktu pekerjaan yang singkat , perdarahan sangat minimal kecuali terjadi jahitan yang lepas atau tidak sempurna.Jarang mengenai otot dan kulit disekitar anus. Kerugiannya adalah Biaya alat lebih mahal berkisar 3 - 5 juta tergantung pilihan alat yang digunakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing merek.

3. HAL & RAR tekhnik HAL adalah Hemorrhoid Artery Ligation atau melakukan pengikatan arteri hemorrhoin  dan RAR merupakan Recto Anal Repair yaitu dengan memperbaiki daerah anus dan rektum alias muara usus besar. Keuntungan tehnik ini tentu ketepatan pembuluh yang akan dikat lebih akurat , perdarah lebih minimal dan sangat tidak nyeri. Kerugiannya tentu biaya yang sangat mahal dan alat yang sangat terbatas , denagn angka kekambuhan yang cukup besar karena kita tidak melakukan pemotongan jaringan ,dan waktu operasi yang lebih lama.

No comments:

Post a Comment