Monday, February 22, 2016

Jenis-Jenis Obat Diabetes Atau Kencing Manis

JENIS-JENIS OBAT DIABETES

Dalam artikel ini saya akan jelaskan bermacam-macam obat diabetes yang beredar di pasaran beserta merek dagang yang di jual dan fungsi dari obat tersebut.

OBAT DM GOLONGAN ANTIDIABETICS, BIGUANIDES (METFORMIN)

Metformin  adalah anti-diabetes oral yang termasuk pada kelas biguanid. Metformin merupakan obat pilihan pertama untuk penderita diabetes tipe 2, kususnya untuk orang-orang dengan kelebihan berat badan dan gemuk serta orang-orang dengan fungsi ginjal yang normal. Metformin digunakan untuk penderita diabetes yang baru terdiagnosis stelah dewasa. Obat ini dapat digunakan sebagai kombinasi terapi pada penderita yang tidak responsif atau tidak mempan setelah penggunaan terapi tunggal sulfonilurea. Selain itu, kadang digunakan pula untuk mengurangi dosis insulin apabila dibutuhkan.
No
Merek Dagang
Komposisi
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
Metformin
Benoformin
Diabex
Diabex forte
Diafac
Eraphage
Efomet
Forbetes
Formell
Gliformin
Glucotika
Glucophage
Gludepatic
Glufor
Glumin
Methpica
Metphar
Neodiphar
Rodiamet
Tudiab
Zendiab
Zumamet









Metformin 500 mg - 800 mg


OBAT DM GOLONGAN ALPHA GLUCOSIDASE INHIBITOR
Alpha-glucosidase inhibitor memperpanjang penyerapan karbohidrat dan dengan demikian membantu mencegah glukosa postprandial lonjakan. Induksi mereka perut kembung sangat membatasi penggunaannya. Dosis agen ini harus dititrasi perlahan untuk mengurangi intoleransi GI. Efeknya pada kontrol glikemik sederhana, yang mempengaruhi kunjungan glikemik postprandial terutama.
Acarbose (Precose) Acarbose adalah obat pertama golongan inhibitor alpha–glucosidase disetujui oleh FDA. Obat golongan ini diserap ke tingkat kecil, sehingga kelainan fungsi hati dapat terjadi jarang. Hal ini dapat digunakan sebagai monoterapi atau kombinasi dengan terapi lainnya. Efek sederhana acarbose pada glikemia dan tingkat tinggi GI efek samping (perut kembung) membatasi penggunaannya.
Miglitol (Glyset) Miglitol tidak diserap, sehingga kelainan fungsi hati tidak terjadi. Obat ini disetujui FDA untuk digunakan sebagai monoterapi atau kombinasi dengan sulfonilurea. Efek ringan pada glikemia dan tingkat tinggi efek samping GI (perut kembung) membatasi penggunaannya.
NO
MEREK DAGANG
KOMPOSISI
1
2
3
GLUCOBAY
ECLID
Acrios
Acarbose



ANTIDIABETIC, DERIVATIF MEGLITINIDE MEGLITINIDES
Antidiabetics, Derivatif meglitinide Meglitinides short-acting sekretagog insulin dari sulfonilurea. Dosis Preprandial berpotensi mencapai pelepasan insulin lebih fisiologis dan risiko lebih kecil untuk hipoglikemia. Monoterapi meglitinide memiliki khasiat yang sama dengan sulfonilurea.
Repaglinide (Prandin) Repaglinide mungkin paling berguna pada pasien pada peningkatan risiko untuk hipoglikemia yang masih memerlukan secretagogue insulin. Obat golongan ini bekerja dengan merangsang pelepasan insulin dari sel beta pankreas. Kontrol yang lebih baik dari kunjungan glikemik postprandial juga dapat dicapai dengan repaglinide. Obat ini disetujui FDA untuk monoterapi dan terapi kombinasi dengan metformin atau thiazolidinediones.
Nateglinide (Starlix) Obat ini mirip nateglinide pola insulin endogen, fungsinya mengembalikan sekresi insulin awal, dan mengontrol glukosa waktu makan lonjakan. Mekanisme obat adalah merangsang pelepasan insulin dari sel beta pankreas. Obat ini diindikasikan sebagai monoterapi untuk diabetes tipe 2 atau sebagai terapi kombinasi dengan metformin atau thiazolidinedione. Nateglinide tersedia dalam 60–mg dan 120 mg tablet.
NO
MEREK DAGANG
KOMPOSISI
1
2
Novonorm
Dexanorm
Repaglinide
Repaglinide

OBAT DM  GOLONGAN SULFONILUREA
Golongan ini bekerja merangsang sekresi insulin di Pankreas obat ini hanya efektif bila sel b - pankreas masih dapat berproduksi. Golongan sulfonilurea dibagi 2, yaitu generasi I (asetoheksaid, klorpropamid, tolazamid, tolbutaid) dan generasi II (glipizid, gliburid, glimepirid). Indikasi : diabetes mellitus tipe II.
No
Merek Dagang
Komposisi
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
Abenon
DIacella
Glimel
Glyamice
Latibet
Prodiamel
Clamega
Euglucon
Glimel
Glynase Pres Tab
Libronil
Renabetic
Tiabet
Condiabet
Fimediab
Gliseta
Harmida
Merzanil 
Samclamide
Daonil
Glidanil
Gluconic
Hisacha
Prodiabet
Semi Euglucon










Glibenklamide/ Glayburide
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Amadiab
Amaryl
Diaversa,
Glamarol
Glimexal
Gluvas
 Mapryl
Metrix
Relide
Versibet





Glimpride
1
2
3
4
Glidiab
Glurenorm
Glurenorm
Fordiab

Gliquidone

1
Diabenese
Chlorpropamide
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Diaglyk
Diamicron,
Diamicron MR
Glicab
Glidabet
Glucodex
Nufamicron
Glukolos
Glucored
Gored




Gliclazide
1
2
3
4
5
6
7
Minidiab
Glucotrol
Glucotrol XL
Aldiab
Glibenese
Minodiab
Glyzid
Glipzide

OBAT DM GOLONGAN THIAZOLIDINEDIONES
salah satu golongan obat DM tipe 2 yang berfungsi memperbaiki sensitivitas insulin dengan mengaktifkan gen-gen tertentu yang terlibat dalam sintesa lemak dan metabolisme karbohidrat
No
Merek Dagang
Komposisi
1
2
3
4
Deculin
Actos
Avandia
Pionix
Pioglitazone
Pioglitazone
Rosiglitazone
Pioglitazone

OBAT DM GOLONGAN DPP-4 INHIBITOR
adalah jenis obat berbasis incretin yang menghambat aksi dari enzim DPP-4. Hal ini membuat GLP-1 bertahan lebih lama dan meningkatkan jumlah GLP-1 dalam darah Anda. Kelebihan GLP-1 berarti kurangnya glukosa dalam darah.
No
Merek Dagang
Komposisi
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Januria
Janumert
Galvus
Galvusmet
Eucreas
Onglyza
Kombolyze
Vipidia
Trajenta
Jenta dueto
Sitagliptin
Sitagliptin + Metformin
Vidagliptin
Vidagliptin + Metformin
Vidagliptin + Metformin
Sexagliptin + Metformin
Alogliptin
Alogliptin + Metformin
Linagliptin
Linagliptin + Metformin

OBAT DM GOLONGAN GLP- 1
Salah satu obat baru yang kerjanya meniru glucagon-like peptide-1. Berasal dari ileum dan colon dan merangsang pancreas mengeluarkan insulin di sel alfa (menekankan sekresi klucagon) dan sel beta. Dapat menurunkan berat badan pada pasien obesitas
No
Merek Dagang
Komposisi
1
2
Victoza
Byetta, Bydureon
Liraglutide
Exenatide

OBAT DM GOLONGAN  SGLT2
Sodium-glukosa co-transporter 2 (SGLT2) inhibitor adalah kelas baru obat diabetes diindikasikan hanya untuk pengobatan diabetes tipe 2. Dalam hubungannya dengan olahraga dan diet yang sehat, mereka dapat meningkatkan kontrol glikemik. Mereka telah dipelajari sendirian dan dengan obat lain termasuk metformin, sulfonilurea, pioglitazone, dan insulin. SGLT2 adalah protein pada manusia yang memfasilitasi reabsorpsi glukosa dalam ginjal. Inhibitor SGLT2 memblokir reabsorpsi glukosa dalam ginjal, meningkatkan ekskresi glukosa, dan kadar glukosa darah (Jansen Research, 2012).

No
Merek Dagang
Komposisi
1
2
3
Invokamet
Xigduo XR
Farxiga
Canagliflozin + Metformin
Dapagliflozin + Metformin XR
Dapaflifozin

No comments:

Post a Comment